Announcement:

Apa yang anda cari? apakah gratisan? bila iya, maka anda bisa melihat di FREEBIES

Selasa, 21 April 2015

Celoteh Anak Jurusan Desain Komunikasi Visual


Buat kamu para anak-anak muda yang kreatif serta haus akan ide-ide segar dan yang berencana masuk ke dunia industri kreatif dan memilih kuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual atau biasa disebut DKV maka itu merupakan pilihan yang tidak salah. belakangan ini banyak anak muda yang tertarik masuk di jurusan DKV, banyak alasan yang melatar belakangi mereka untuk masuk ke jurusan ini, bisa karena biar dianggap "keren", untuk menghindari yang namanya "Math" atau murni karena minat/passion mereka sendiri. Yups, Jurusan ini sedang hangat-hangatnya menjadi pilihan buat anak muda yang baru lulus SMA/SMK. Namun sudah kebayang belum kalau masuk jurusan DKV ini kamu akan belajar apa nantinya, akan dapet materi/tugas yang bagaimana nantinya, jenjang selanjutnya setelah perkuliahan bagaimana nantinya, dll. jangan hanya kepikiran "keren" sesaat saja lho.

Jurusan Desain Komunikasi Visual itu tidak semudah yang kamu banyangin lho, ya walau bisa dibilang ini adalah salah satu ilmu yang menggunakan Otak Kanan, sebagai fondasinya dan juga tidak terlalu banyak berkutit dengan pelajaran "Math" tapi tetap saja Jurusan ini juga punya kesulitan dan keribetannya sendiri. Nah, di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya sewaktu perkuliahan saya dulu di Jurusan Desain Komunikasi Visual/DKV/Desain Grafis ini. Tapi saya belum sangat tua seperti banyangan kamu lho ya, Haha :D.

Oke mari kita mulai dari pertanyaan awal dari beberapa orang yang baru mau masuk kuliah jurusan ini.

DKV / Desain Komunikasi Visual itu apa?

Banyak orang yang belum tau tentang jurusan ini, padahal disekitar kita banyak sekali hasil dari para desainer DKV lho. DKV adalah ilmu desain yang mempelajari tentang cara berkomunikasi/mengkomunkasikan sesuatu dengan visual yang memiliki arti/makna melalui media visual tertentu.

Desain Komunikasi Visual itu susah apa gampang?

Kalo ada yang tanya seperti ini saya juga bingung jawabnya, susah atau gampang itu tergantung masing-masing individu. kalau minat dan passion mereka didunia ini besar hal susah pun bakalan jadi gampang (ya walaupun emang agak susah juga :p), tapi dengan semangat yang besar mudah-mudahan rintangan itu bisa dilewati.

Desain Komunikasi Visual harus jago gambar?

Hmm.. ya sedikitnya kamu harus bisa gambar, walaupun gak mutlak harus jago dan bisa 100%. tapi seenggaknya kamu harus bisa. di mata kuliah jurusan desain ini juga akan diajarin dasar-dasar teknik gambar dari awal. Dulu waktu saya mulai ada yang namanya mata kuliah Ilustrasi dasar, disitu saya diajari tahap awal dari gambar. kita diajari untuk menggambar dari model objek yang sudah ada menggunakan teknik gambar manual pakai pensil dan penghapus.

Kalo saya jago gambar, berarti bisa DKV dong?

Gak gitu juga, DKV bukan cuma soal sekedar jago/bisa gambar aja. tapi harus mengerti konsep, prinsip dasar desain, tata ruang, warna, dll. nanti diajarin kok di kampus.

Di jurusan DKV mata kuliahnya apa aja?

Ada banyak macamnya, masing-masing kampus punya penamaan yang berbeda walaupun pada dasarnya bisa dibilang sama. ini saya tau dari teman dengan jurusan yang sama tapi beda kampus. Misal di kampus saya disebut Ilustrasi dasar dan dikampus dia disebut Sketsa dasar. nah walaupun beda tapi intinya sama. ini beberapa list mata kuliah jurusan DKV yang ada di kampus saya :

Nirmana (1,2)
Fotografi dasar
Tipografi
Fotografi
Gambar teknik
Kewirausahaan
Tinjauan desain
Bahasa gambar
Teori Komunikasi
Cetak saring
Ilmu Komunikasi
Ilustrasi/Menggambar (1,2,3,4)
Estetika
Komputer dasar
PKN (PPKN ini tetep ada lho :D)
Manajemen
Agama
Sejarah Seni Rupa Indonesia
Komputer grafis (1,2,3)
Tata Visual Penjualan
Komputer animasi
Airbrush
Desain Produk
Komik
Bahasa indonesia
Storyboard
Desain Komunikasi Visual/DKV (1,2,3,4)
Desain poster
Web desain


Matakuliah dan Tugasnya banyak apa sedikit?

Haha, untuk yang ini kamu pasti jadi bakalan goyah/bimbang/atau bahkan bisa jadi galau jadinya, padahal sebelumnya kamu udah semangat 45 buat masuk jurusan yang kamu pikir gak ribet dengan yang namanya MTK/ilmu logika lainnya hha. buat matakuliahnya sih standartlah saya kira soal banyaknya, tapi Tugasnya itu dijamin bikin kamu nyengir-nyengir terus sampe lulus :D. tugasnya bisa dibilang bejibun banyaknya. dulu sewaktu saya kuliah tugas bisa dibilang gak berhenti mengalir dan terus berdatangan bagai shift kerjaan 24jam non-stop :D. bukan saya mau nakut-nakutin lho ini, tapi ya begitu emang kenyataannya waktu saya kuliah dulu. setiap mata kuliah bisa dibilang selalu ada yang namanya PR yang harus dikerjain dirumah. Full deh tuh seminggu berjibaku sama yang namanya tugas :p.

Kalo ada minggu tenang menjelang Ujian gimana? Ya, kalo ini mah kampus libur atuh :D..., tapi gak sama tugas kuliah kamu :)). karena justru di minggu tenang ini justru kamu bakal disuguhi sajian spesial oleh para dosen. yaitu diwajibkan menyelesaikan tugas-tugas yang belum selesai dikerjain di perkuliahan sebelumnya, diberikan tugas sebelum ujian dan juga gak jarang Tugas buat Ujian di kasih di minggu tenang ini :D. dan dikumpulin sewaktu hari ujian berlangsung. tapi tenang dihari itu kamu tinggal absensi kehadiran terus cabut deh dan gak semua matakuliah nerapin sistem itu (tergantung dosen sama kampusnya juga sih).

Soal biaya gimana?

Menurut saya pribadi bisa dibilang kuliah di jurusan desain komunikasi visual ini emang diperlukan cukup banyak biaya, selain biaya kuliah itu sendiri ada biaya lain seperti untuk alat atau perlengkapan penunjang kuliah yang mana harus di refill terus kalau habis :D. juga biaya cetak mencetak, juga kalau ada karya yang nyata bentuknya, dll.

Nah kira-kira itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang yang mau masuk jurusan desain komukasi visual/DKV/Desain grafis yang saya baca, dengar dan amati :D. buat kamu-kamu yang mau masuk jurusan ini jangan jadi ragu ya setelah membaca artikel saya barusan diatas :p. disini saya cuma sekedar kasih sedikit gambaran aja kuliah di Jurusan DKV itu kayak gimana.

Buat kamu yang masih mau bertanya soal jurusan desain komunikasi visual ini silahkan kasih pertanyaan/komentarnya dibawah, kalau saya tau pasti saya balas pertanyaannya.

Tetep Positif, Semangat dan terus Berkreativitas agar terus muncul ide-ide segar yang bisa merubah dunia! 


Share it Please

obito ray

Terima kasih telah datang di SijiPix, semoga artikel diatas bisa membantu anda :) dukung kami agar terus maju, dengan meng-Sharekan artikel diatas dan Follow Social Media kami.
SijiPix Alliance


11 komentar:

  1. tetep optimis milih jurusan ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus tetep #SemangART mas alif :)

      Hapus
  2. apakah seseorang yang buta menggambar bisa masuk dkv? karna saya disuruh masuk dkv dan saya bilang "gak bisa gambar" lalu kata ortu saya "yaa kan nanti diajarin, kamu kan suka fotografi nah di dkv kan juga ada konsentrasi fotografi. daripada broadcast mending dkv, wawasan nya lebih luas"
    nah untuk masalah ini bagaimana? bisa bantu? hehehe thanks =]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi fernanda. Menurut gua sih segala sesuatu bisa dipelajari. Dulu gua juga gak jago2 banget gambar. sampai lu ketemu sama dosen dan temen2 baru lu yang bakal ngajarin lu macam2 teknik ngegambar yang secara ga langsung Tingkat/Skill/Power/Ranger lu otomatis bakal naik dan lu akan menjadi "The master of DKV in the world". Dan kalo lu emang suka banget sama dunia yang gua sebut "menangkap gambar" lu bisa masuk jurusan Fotografi atau Broadcast. Tinggal bagaimana lu mempelajarinya sih menurut gua.

      Hapus
  3. Permisi, kalau boleh bertanya, apakah dalam jurusan DKV ini diperlukan kemampuan dan kecakapan dalam editting seperti menggunakan Photoshop?
    Lalu, apakah juga diperlukan drawing tablet dan sejenisnya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pasti itu salah satu syarat kemampuan yang harus di punyai, semua bakal di pelajarin di kampus dan buat selebihnya kamu bisa kembangin ilmu kamu di luar itu.

      drawing tablet/pen itu sebagai penunjang kamu aja. semisal kamu minat ke ilustrasi/komik yang berhubungan dengan gambar digital/manual tentu kamu perlu.

      Hapus
  4. Saya pengen masuk sih,tapi keuangan keluarga kurang begitu baik,gimana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba cari sidejob buat meringanin biaya, atau mungkin bisa coba cari yang kampusnya cocok sama target biaya yang di cari.

      Hapus
  5. pengen masuk DKV,tapi keuangannya kurang memadai,ada solusi g ?

    BalasHapus
  6. Sebenernya gue bingung perbedaannya DKV sama Design Graphic. Udah muter muter di google, masih aja gak ngerti apa bedanya. Bisa tolong jelasin gak? Yang paling utama aja, jangan semuanya haha. Sama satu lagi, gue selalu bingung tentang tugas kerjanya kalo udah lulus kuliah (walaupun gue masih SMA kelas X, tapi gue selalu mikir kesana). DKV kerjanya itu ngapain? Maksudnya, apa dia itu ngedesign cover buku, atau buat poster iklan, atau apa? Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut hasil pembelajaran yg gw dapet selama proses menimba ilmu di DKV ringkasnya begini, DKV atau Desain Komunikasi Visual itu di ibaratin bola dunia dan Desain Graphic itu benua yang ada. DKV punya tugas yang lebih kompleks di bandingkan desain graphic, kalau Desain Graphic mempunyai tugas membuat suatu/mendesain berlandaskan grafis yang di mana belum tentu mempunyai arti/makna yang ingin disampaikan secara visual tapi kalau DKV kita mendesain berlandaskan suatu karya grafis yang mempunyai arti/makna yang bisa disampaikan (dalam konteks ini dengan visual-grafik/di komunikasikan secara visual melalui desain yang dibuat).

      Di DKV kita merancang/membuat banyak hal yang mana masih mencangkup dunia desain, ada banyak sub-keluarga desain (yang dimana itu tergantung minat/fokus sub-desain mana yang mau kamu ambil). Cover buku, poster iklan itu salah satu sub-desain yang ada. beberapa kerjaan lain yang masih terhubung sama desain itu ada Ilustarsi, UI/UX, Konten Kreator, Komik, Graphic Editing di stasiun TV/PH, Website Designer, Digital imaging, Art Director, dll.

      Btw thanks buat komennya, sorry kalo ada yang kurang :)

      Hapus

Copyright @ 2013 - SijiPix. Designed by Templateism | Love for The Globe Press | Custom by SijiPix Alliance
◕‿◕

Made with from Djogja

site stats //Images Alt